Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun 2018

MUSRENBANGDES dan RKPDes adalah merupakan agenda kegiatan Desa yang dilaksanakan setiap tahun, RKPDes dilaksanakan oleh setiap Desa karena sebagai dasar acuan pemerintah Desa didalam melaksanakan roda pemerintahan Desa dalam satu tahun yang akan datang. Begitu juga dengan MUSRENBANGDes adalah merupakan forum musyawarah para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes dilaksanakan dengan mengacu pada RPJMdesa. Karena setiap Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 lima tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan  Desa yang selanjutnya disingkat ( RKPDes ) adalah dokumen perencanaan untuk periode satu tahun dan merupakan penjabaran dari RPJMDes yang memuat rancangan kerangka ekonomi Desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutakhirkan serta prioritas pembangunan Desa.

Penyusunan dokumen RKPDesa selalu diikuti dengan penyusunan APBDes karena kedua dokumen ini saling berkaitan  tidak dapat dipisahkan dan disusun berdasarkan musyawarah mufakat.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh camat Wonosalam, PLD ,pemerintah Desa, semua lembaga Desa, tokoh masyarakat , semua instansi yang ada di Desa dan juga warga masyarakat lainnya.

Kepala Desa Tlogodowo H. LUTFI ROQIB dalam sambutannya bahwa rencana kerja pemerintah Desa pada tahun 2019 menitikberatkan dalam  bidang pembangunan diantara lain:

  1. Gedung polindes
  2. Betonosasi jalan bertulang
  3. Talud jalan pertanian
  4. Gedung olahraga
  5. Rumah tidak layak huni
  6. Sanitasi air bersih
  7. Renovasi kantor Desa

Dalam musrenbangdes kali ini Pemerintah Desa tetap menampung aspirasi warga masyarakat dan berusaha untuk merealisasikannya secara bertahap sepanjang Desa sanggup untuk membiayainya. Namun semua itu akan dapat  terwujud apabila ada peran serta warga masyarakat dan juga stakeholder yang terkait.

Untuk daftar usulan Desa tahun ini yang akan dibawa dalam MUSRENBANGCAM diantaranya:

  1. Jitut saluran antar Desa
  2. Jalan usaha tani
  3. Sarpras pendidikan disemua tingkatan yg ada diDesa
  4. Talud jalan Desa sepanjang 1,5 km.

Tidak ketinggalan dalam acara tersebut Camat Wonosalam yang diwakili oleh SEKCAM Bpk. SOFTYAN. AKT dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa diharapkan bisa maju, mandiri, dan sejahtera yang dibangun dengan empat pilar yaitu:

  1. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
  2. Pembangunan sarana dan prasarana fisik
  3. Pemberdayaan Masyarakat
  4. Pembinaan kemasyarakatan

kesemuanya itu seyogyanya harus berjalan secara seimbang untuk dapat menghasilkan hasil yg optimal. Sekcam juga menyampaikan bahwa musyawarah adalah merupakan bentuk tertinggi pengambilan keputusan.

Begitupun juga dengan Pendamping Desa ( MUNTOHAR ) dan PLD ( K. UMAM ) yang ikut hadir menyampaikan untuk tahun 2019 Dana Desa dititik beratkan pada :

  1. pembangunan RTLH dan jambanisasi
  2. anggaran untuk stanting ( Anggaran utuk PMT BUMIL dan BALITA )
  3. PERPUSDES minimal ada dipojok kantor Desa.

Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua [ Oeliel muh@mm@d ]

#Desa Tlogodowo#desa tlogodowo#Tlogodowo#tlogodowo

 

About Tlogodowo 33 Articles
Desa Tlogodowo merupakan sebuah Desa terkecil yg berada di Kecamatan Konosalam Kabupaten Demak Prov. Jawa Tengah Luas Desa Tlogodowo -+ 124,26 Ha Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah pertanian padi palawija dan selebihnya adalah kaum buruh tani dan sektor lainnya Batas Desa Tlogodowo: - Utara brbatasan dengan Desa Karangrowo kec. Wonosalam - Timur berbatasan dengan Desa Kalianyar Kec. Wonosalam -Selatan berbatasan dengan Desa Trimulyo kec. Guntur -Barat berbatasan Desa Karangrowo kec. Wonosalam wilayah Desa tlogodowo mempuyai 10rt dan 2rw Dengan Jumlah penduduk Desa : 1313 orang Penduduk Desa mayoritas memeluk agama islam Jumlah tempat ibadah másjid: 1 dan musholla : 9

2 Comments

Tinggalkan Balasan