TLOGODOWO SIAGA BANJIR

Banjir merupakan kehendakNya illahi robbi maka dari itu kita hendaknya dapat bersabar atas ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, semoga dengan kejadian ini kita semua dapat mengambil hikmah dari kejadian ini semua.

Pada hari ini kamis, 09 januari 2020 Desa Tlogodowo kec. Wonosalam kab. Demak terjadi bencana banjir yang lebih dari biasanya dikarenakan situasi cuaca ekstrim yang melanda indonesia pada umumnya.

Situasi banjir tahunan yang menjadi langganan di Desa Tlogodowo dan sekitarnya disebabkan oleh tingginya curah hujan yang sangat tinggi di bagian atas wilayah salatiga dan sekitarnya menjadikan kabupaten Demak yang merupakan daerah dengan dataran paling rendah diantara kabupaten disekitarnya sehingga menjadikan Demak sebagai daerah kiriman air yang paling akhir.

Kejadian ini menyebabkan aliran sungai tuntang yg melewati pintu gelapan tidak kuat menahan debit air yg sangat tinggi sehingga menjadikan Desa yang terlewati aliran sungai merasakan dampak dari tingginya debit air sungai tersebut.

Tidak terkecuali Desa Tlogodowo yang yang merupakan Desa yang teraliri sungai tersebut menerima dampak luapan sungai tuntang sehingga mengakibatkan suluran skunder yang ada di Desa ikut  limpas tidak kuat menahan debit air yang dikirim dari hulu. Sehingga warga Desa dengan berbergotongroyong menggunakan alat seadanya dan karung bekas menanggulangi limpasan air tersebut supaya tidak menggenangi pemukiman.

Warga Desa bergotong royong menangulangi limpasan air

Tidak ketinggalan pula dalam musibah banjir tersebut pemerintah Desa Tlogodowo  selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan dan kabupaten untuk tetap siaga apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Pemerintah Desa tetap siap siaga memantau situasi 24 jam.

Semoga kejadian ini akan segera berakhir dan tetap dalam keadaan selamat.

#Desa Tlogodowo#desa tlogodowo#Tlogodowo#tlogodowo

 

About Tlogodowo 35 Articles
Desa Tlogodowo merupakan sebuah Desa terkecil yg berada di Kecamatan Konosalam Kabupaten Demak Prov. Jawa Tengah Luas Desa Tlogodowo -+ 124,26 Ha Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah pertanian padi palawija dan selebihnya adalah kaum buruh tani dan sektor lainnya Batas Desa Tlogodowo: - Utara brbatasan dengan Desa Karangrowo kec. Wonosalam - Timur berbatasan dengan Desa Kalianyar Kec. Wonosalam -Selatan berbatasan dengan Desa Trimulyo kec. Guntur -Barat berbatasan Desa Karangrowo kec. Wonosalam wilayah Desa tlogodowo mempuyai 10rt dan 2rw Dengan Jumlah penduduk Desa : 1313 orang Penduduk Desa mayoritas memeluk agama islam Jumlah tempat ibadah másjid: 1 dan musholla : 9

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan