DESA TLOGODOWO SIAP PENJARINGAN BPD.

Di Desa Tlogodowo masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa seharusnya telah berakhir pada tahun 2020 lalu, namun berdasarkan edaran mendagri saat itu dalam situasi pandemi diperpanjang sampai diangkatnya BPD yang baru. Lalu di awal tahun 2021 Bupati mengeluarkan surat edaran bagi desa selambat lambatnya bulan desember tahun ini desa sudah melaksanakan penjaringan BPD.

Untuk mempersiapkan penjaringan BPD Pemerintah Desa Tlogodowo melaksanakan Sosialisasi Pengisian BPD, yang sebelumnya telah mengikuti Sosialisasi Perda 6 Tahun 2020 dan perbup 3 tahun 2021 tentang Badan Permusyawaratan Desa (25/8) di Balai Desa Pilangrejo.

Sebagai narasumber Lutfi Roqib (Kepala Desa Tlogodowo) dan Zaenal Fata (ketua BPD) serta hadir sebagai peserta Anggota BPD, Perangkat Desa, RT RW, LKMD, TP-PKK, dan lembaga Desa lainnya.

Kepala Desa Tlogodowo menyampaikan bahwa penjaringan dan pengisian BPD Desa Tlogodowo segera akan dilaksanakan dengan melalui tahapan-tahapan yang sesuai dengan aturan yang ada, dari membentuk kepanitiaan baik di wilayah maupaun tingkat Desa, diharapkan proses pengisian BPD ini selesai sampai akhir Bulan September meskipun untuk pelantikan BPD baru masih menunggu informasi setelah pelaporan hasil pengisian BPD kepada Bupati.

Lebih lanjut Kades menyampaikan bahwa untuk Proses penjaringan BPD Desa Tlogodowo dibagi 2 Wilayah, yaitu Wilayah I (RW 01), Wilayah II (RW 02), dan Unsur keterwakilan Perempuan. berdasarkan jumlah penduduk yang tidak mencapai 2500, maka Jumlah BPD ditentukan sebanyak 5 (lima) orang anggota BPD.

Tahapan awal penjaringan adalah tahap sosialisasi penting dilakukan untuk mempersatukan persepsi jangan sampai berbeda penafsiran dalam memahami aturan. maka semua pihak agar dapat mengikuti acara secara seksama.

Sementara Zaenal Fata menyampaikan jumlah personil BPD ditentukan oleh jumlah penduduk desa. dari jumlah penduduk tersebut ditetapkan jumlah wilayah keterwakilan (dapil) dan satu personil dari unsur perempuan, yang nantinya Penetapan Wilayah akan dituangkan dalam Surat keputusan Kepala Desa.

Dari jumlah wilayah yang sudah ditetapkan tersebut kades membentuk panitia tingkat desa dan tingkat wilayah. unsur panitia tingkat wilayah terdiri dari RT RW setempat sedangkan panitia tingkat desa jumlahnya sesuai jumlah wilayah yang ditetapkan, untuk Desa Tlogodowo jumlah panitia adalah 7 orang terdiri dari 3 orang perangkat desa dan 4 orang dari unsur wakil wilayah keterwakilan.

Poin Penting dalam Unsur Keterwakilan Perempuan

Jalannya demokrasi di desa ditandai dengan keterlibatan semua unsur masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan, termasuk partisipasi perempuan menjadi bagian dalam pengambilan keputusan strategis yang diselenggarakan oleh BPD. (ps.54 UU 6/2014).

Setiap perempuan warga desa yang memenuhi syarat serta memiliki kemampuan dalam menyuarakan dan memperjuangan kepentingan perempuan dapat dicalonkan sebagai BPD untuk menjadi wadah aspirasi bagi nasib perempuan maupun anak. (ps.6 perda 6/2020)

Wakil perempuan didalam keanggotaan BPD mendapat prioritas khusus dalam proses pemilihan BPD, posisi perempuan tidak dipilih melalui keterwakilan wilayah, tapi dipilih khusus oleh perempuan desa yang memiliki hak pilih. unsur perempuan desa yang memiliki hak pilih terdiri dari lembaga kemasyarakatan desa dan kelompok masyarakat desa (ps.9 perda 6/2020).

Yang dimaksud lembaga kemasyarakatan desa terdiri dari PKK, Karangtaruna, RT, RW dan Posyandu. sedangkan unsur kelompok masyarakat meliputi kelompik tani, kelompok pengrajin, kelompok organisasi keagamaan, pendidikan, olahraga maupun kelompok pedagang.

Lalu apakah diperbolehkan jika perempuan ikut diusulkan dalam unsur keterwakilan wilayah?

Tentu saja boleh, yang dimaksud keterwakilan wilayah adalah lingkup dusun, RT, RW dalam satu desa yang ditetapkan memiliki wakil dalam jumlah tertentu dalam keanggotaan BPD.

Hanya saja, calon BPD yang daftat melalui keterwakilan wilayah sebelum diusulkan kepada panitia tingkat desa harus melalui musyawarah perwakilan oleh unsur masyarakat yang memiliki hak pilih (ps.12 perda 6/2020)

Setelah panitia desa menerima usulan dari masing masing wilayah maka panitia tingkat desa melakukan rapat terbuka secara aklamasi atau voting tertutup untuk memilih anggota BPD sesuai jumlah yang telah ditetapkan.@lula

#Tlogodowo#Desa_Tlogodowo#Tlogodowo.sid#tlogodowobisa

About Tlogodowo 35 Articles
Desa Tlogodowo merupakan sebuah Desa terkecil yg berada di Kecamatan Konosalam Kabupaten Demak Prov. Jawa Tengah Luas Desa Tlogodowo -+ 124,26 Ha Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah pertanian padi palawija dan selebihnya adalah kaum buruh tani dan sektor lainnya Batas Desa Tlogodowo: - Utara brbatasan dengan Desa Karangrowo kec. Wonosalam - Timur berbatasan dengan Desa Kalianyar Kec. Wonosalam -Selatan berbatasan dengan Desa Trimulyo kec. Guntur -Barat berbatasan Desa Karangrowo kec. Wonosalam wilayah Desa tlogodowo mempuyai 10rt dan 2rw Dengan Jumlah penduduk Desa : 1313 orang Penduduk Desa mayoritas memeluk agama islam Jumlah tempat ibadah másjid: 1 dan musholla : 9

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan