Musyawarah Rencana Pembangunan Desa “MUSRENBANGDES” Tahun 2021

Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes Desa Tlogodowo dilaksanakan setiap tahun dalam bulan September sesuai jadwal dari Kecamatan, dengan mengacu pada RPJMDesa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.
Musrenbangdes adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar desa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan mempertimbangkan kerangka pendanaan yang dimutahirkan, program prioritas pembangunan desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Daerah.

Pada acara Musrenbangdes Tahun 2021 ini adalah Penetapan RKPDes Tahun 2022 yang telah disepakati bersama antara Pemerintah Desa dan BPB, dan Penyusunan Daftar Usulan Kegiatan Tahun 2023. Penyusunan dokumen RKP Desa yang telah disepakati dan ditetapkan pada Musrenbangdes ini akan selalu diikuti dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Tahun 2022 yang nantinya akan disepakati dan ditetapkan pada bulan Desember tahun ini, karena suatu rencana apabila tanpa anggaran sepertinya akan menjadi dokumen atau berkas belaka. Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat. RKP Desa dan APB Desa merupakan dokumen dan infomasi publik. Pemerintah desa merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat, baik melalui penyampaian langsung atau melalui Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa (IPPD) dengan pemasangan MMT di pusat-pusat informasi Desa, Keterbukaan dan tanggung jawab kepada publik menjadi prinsip penting bagi pemerintah desa.

Proses penyusunan dokumen RKP Desa dapat dibagi dalam tiga tahapan, tahapan tersebut adalah :

Tahap Persiapan Musrenbang Desa,

Merupakan kegiatan mengkaji ulang dokumen RPJM Desa, mengkaji ulang dokumen RKP Desa tahun sebelumnya, melakukan analisa data dan memverifikasi data ke lapangan bila diperlukan. Analisis data yang dilakukan seringkali disebut sebagai “analisis kerawanan desa” atau ”analisis keadaan darurat desa” yang meliputi data KK miskin, pengangguran, jumlah anak putus sekolah, kematian ibu, bayi dan balita, dan sebagainya. Hasil analisis ini dilakukan sebagai bahan pertimbangan penyusunan draft rancangan awal RKP Desa dan perhitungan anggarannya oleh Tim Penyusun yang ditetapkan dengan Surat Keputusan kepala Desa.

Tahap Pelaksanaan Musrenbang Desa

Merupakan forum pertemuan warga dan berbagai pemangku kepentingan untuk memaparkan hasil “analisis keadaan darurat/kerawanan desa”, membahas draft RKP Desa, menyepakati kegiatan prioritas termasuk alokasi anggarannya. Pasca Musrenbangdes, dilakukan kegiatan merevisi RKP Desa berdasarkan masukan dan kesepakatan, kemudian dilakukan penetapan melalui kesepakatan bersama BPD dengan dituangkan dalam Peraturan Desa tentang RKP Desa.

Tahap Sosialisasi

Merupakan sosialisasi dokumen RKP Desa kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. Dokumen RKP Desa selanjutnya akan menjadi bahan bagi penyusunan APB Desa. RKP Desa dan APB Desa wajib dipublikasikan agar masyarakat dapat terlibat dalam kegiatan dan melakukan pengawasan partisipatif terhadap pelaksanaannya.

Dalam MUSRENBANGDES Desa Tlogodowo Tahun 2021 telak disepakati dan ditetapkan dengan keterangan sebagai berikut :

  1. Penetapan RKPDesa Tahun 2022, yang nantinya akan di anggarkan dalam penyusunan APBDes Tahun 2022, selain kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Bidang Penanggulangan Bencana Darurat dan Mendesak Desa, lebih khusus disampaikan kegiatan dalam Pelaksanaan pembangunan Desa diantaranya :
    1 Rabat Beton Rt 05 Rw 02 2 x 80 M
    2 Jalan Beton Rt 04 Rw 02 2,50 x 80 M
    3 Rabat Beton Rt 03 Rw 02 2 x 75 M
    4 Rabat Beton Rt 01 Rw 02 1,50 x 80 M
    5 Rabat Beton Rt 02 Rw 01 1,50 x 80 M
    6 Jalan Beton Rt 01 Rw 01 2,50 x 80 M
    7 SPAL Rw 01 Rw 02
    8 Jalan Usaha Tani Rt 04 Rw 01 3 x 100 M
    9 Jalan Usaha Tani Rt 01 Rw 02 2,5 x 100 M
  2. Daftar Usulan Rencana Kegiatan Tahun 2023 yang telah di akomodir dalam Daftar Usulan yang didokumenkan.

 

Dengan adanya Musrenbangdes ini semua kegiatan perencanaan benar-benar berdasarkan musyawarah desa yang disepakati dan ditetapkan bersama dengan harapan semoga dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan dipertanggungjawabkan dengan sebenar-benarnya, demi kemajuan Desa Tlogodowo “BISA”.@lula

#Tlogodowo#Desa_Tlogodowo#Tlogodowo.sid

About Tlogodowo 35 Articles
Desa Tlogodowo merupakan sebuah Desa terkecil yg berada di Kecamatan Konosalam Kabupaten Demak Prov. Jawa Tengah Luas Desa Tlogodowo -+ 124,26 Ha Mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah pertanian padi palawija dan selebihnya adalah kaum buruh tani dan sektor lainnya Batas Desa Tlogodowo: - Utara brbatasan dengan Desa Karangrowo kec. Wonosalam - Timur berbatasan dengan Desa Kalianyar Kec. Wonosalam -Selatan berbatasan dengan Desa Trimulyo kec. Guntur -Barat berbatasan Desa Karangrowo kec. Wonosalam wilayah Desa tlogodowo mempuyai 10rt dan 2rw Dengan Jumlah penduduk Desa : 1313 orang Penduduk Desa mayoritas memeluk agama islam Jumlah tempat ibadah másjid: 1 dan musholla : 9

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan